Benda Cair

a. Berat Benda Cair

Air merupakan contoh benda cair. Apakah air mempunyai berat?

cair1

Pada percobaan tersebut terlihat bahwa air mempunyai berat. Jika air makin banyak, beratnya pun bertambah. Demikian pula minyak. Maka, benda cair mempunyai berat, dan berat benda cair bergantung pada volumenya.

 

b. Permukaan Benda Cair

Coba perhatikan air pada gelas. Bagaimana permukaannya, datar atau miring? Kalau kamu pindahkan air tersebut ke sebuah mangkuk, bagaimana bentuk permukaannya?

cair2

Dari gambar tersebut kamu dapat melihat pada saat stoplesnya berdiri, permukaan air datar. Pada saat stoples dimiringkan ataupun dibalikkan, permukaan air tetap datar. Permukaan air pada tempat yang sempit, seperti pipet atau sedotan, tidak datar. Coba amati permukaan air di dalam pipet. Ternyata permukaannya cekung. Hal ini akan dipelajari di kelas yang lebih tinggi. Permukaan benda cair selalu mendatar. Pada tempat yang sempit, permukaan benda cair akan cekung dan cembung.

c. Aliran Benda Cair

Ketika hujan turun, beberapa tempat di sekitar rumahmu akan tergenang oleh air. Beberapa saat kemudian, genangan air itu tidak ada lagi. Ke manakah air itu?

Air itu ada yang meresap ke dalam tanah, mengalir ke tempat-tempat yang lebih rendah, atau ke selokan. Air kemudian mengalir menuju sungai, dan dari sungai mengalir ke laut. Adakah sungai yang mengalirkan airnya dari laut ke pegunungan?

Dalam keadaan bebas, air mengalir dari tempat yang tinggi mencari tempat yang lebih rendah.

d. Tekanan Benda Cair

Pernahkah kamu mendengar berita bobolnya sebuah tanggul atau bendungan? Bobolnya tanggul atau bendungan terjadi karena tanggul atau bendungan tidak kuat menahan tekanan air. Ke manakah arah tekanan air itu? Untuk memahaminya, lakukan kegiatan berikut ini

 cair3

          Dari percobaan ini dapat diamati bahwa air melakukan tekanan ke segala arah. Samakah jarak pancaran air dari lubang botol? Coba amati gambar berikut ini.

cair3a

Tekanan air makin ke bawah makin besar. Hal ini dapat diamati dari jarak pancaran air yang keluar dari lubang makin ke bawah makin jauh. Dari uraian ini dapat disimpulkan:

 

“Benda cair memiliki berat, permukaan selalu datar, mengalir ke tempat yang rendah, dan menekan ke segala arah”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s